Pages

Labels

Sabtu, 03 November 2012

Miracle Berry



      Si "buah ajaib dari Afrika" mungkin memang pantas buah ini menyandang predikat tersebut. Miracle Berry atau Miracle Fruit adalah sebutan akrab untuk buah dengan bahasa latin Synsepalum dulcificum .

Apa sih hebatnya buah ini sampai disebut miracle berry ?

     Para peneliti di jepang dan Prancis menemukan bahwa buah yang bernama ilmiah Richardella dulfica ini mengandung suatu senyawa sejenis protein yang disebut mirakulin. Protein mirakulin ini menempel pada sensor rasa manis di lidah dan untuk sementara waktu memengaruhi proses identifikasi rasa asam dan pahit.


  

    Efek buah tersebut merupakan hasil meminimalkan perubahan pH yang terjadi ketika mengkonsumsi makanan. Sebagai gantinya, lidah yang dilapisi jus Miracle Berry akan mengaktifkan sensor rasa manis dan menghambat rasa pahit dan asam. Rasa manis ini bisa bertahan di lidah kita antara 15 – 60 menit.Namun anehnya buah ini tidak memiliki rasa sama sekali atau hambar.

    Kini buah ajaib ini banyak dipakai di restoran-restoran Jepang. Banyak spekulasi tentang kemungkinan penggunaan buah ini untuk mendukung pola hidup sehat dengan makanan pahit dan asam, yang umumnya memiliki nutrisi tinggi. Dan sekarang telah diproduksi dalam bentuk tablet untuk memudahkan konsumsi.




 

0 komentar: