Pages

Labels

Sabtu, 03 November 2012

Sugar Glider



       Unik, Lucu, Imut,  Begitulah penilaian kebanyakan orang terhadap mahluk mungil yang satu ini. Hewan dengan nama latin Petaurus breviceps  ini memang tengah banyak dipelihara sebagai teman di rumah

     Sugar Glider  adalah sejenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relatif kecil dengan ukuran tubuh kira-kira 24-30 cm dengan berat 4-6 ons dan berasal dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea. Dan karena tubuh mungilnya itu mereka sering disebut hewan peliharaan dalam saku.

     Sugar Glider memiliki jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan memiliki membran yang disebut patagium yang terletak di antara pergelangan tangan dan kaki Sugar glider.

     Dan itu dia yang membuat Sugar Glider memiliki daya tarik "lebih", sebab ketika Sugar Glider membentangkan kaki dan tangannya maka akan tampak seperti sayap yang dapat digunakan untuk melayang.


     
      Sugar glider dewasa setelah berumur sekitar 2 tahun untuk jantan dan untuk betinanya 7 hingga 15 bulan akan melakukan perkembangbiakan sehingga si betina akan hamil selama kurang lebih 14 -16 hari kemudian melahirkan 1 hingga 3 ekor anak.



      Untuk pemeliharaannya tidak terlalu sulit, namun perlu anda ketahui bahwa Sugar Glider merupakan hewan nokturnal sehingga aktif mencari makan di malam hari. dan satu lagi Sugar Glider adalah hewan yang sangat moody dalam hal makanan sebab apabila hari ini dia makan buah pepaya maka belum tentu esoknya dia mau makan buah yang sama. Sehingga sebaiknya ada variasi dalam hal pemberian makanan.



      Walaupun belum terlalu populer di Indonesia, namun akhir-akhir ini sudah menjadi bahan pembicaraan oleh para pecinta binatang dan kini juga sudah banyak kokunitas pecinta hewan tersebut.


     

0 komentar: